Bekerja dengan posisi pekerjaan yang layak masih menjadi momok untuk sebagian besar orang. Apalagi bagi para Pekerja Migran Indonesia atau yang biasa kita kenal dengan sebutan PMI. Para PMI ini terdiri dari berbagai latar belakang, biasanya mereka ialah orang-orang dengan latar belakang pendidikan yang biasa saja bahkan ada yang hanya tamatan Sekolah Dasar (SD).

Tidak adanya keahlian khusus dan latar belakang pendidikan yang bagus membuat orang-orang tersebut tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang layak di negara sendiri sehingga bekerja ke luar negeri menjadi pilihan terbaik mereka. Para PMI hanya bisa mengandalkan tenaga sebagai pekerja kasar. Dan belakangan ini mereka tidak jarang menjadi sasaran empuk bagi oknum-oknum nakal yang meraup untung dari kebobrokan hidup mereka.

Nah untuk itu kalian yang memang bekerja tidak jauh dari PMI harus mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas dibidang ini. Berikut 10 jenis pekerjaan yang bebas biaya menurut Peraturan BP2MI No. 09/2020 Tentang Pembebasan Biaya Penempatan:

1) Pengurus rumah tangga,

Ilustrasi Perngurus Rumah Tangga

2) Pengasuh bayi,

Ilustrasi Pengasuh Bayi

3) Pengasuh lanjut usia (lansia),

Ilustrasi Pengasuh Lanjut Usia (Lansia)

4) Juru Masak,

Ilustrasi Juru Masak

5).Supir Keluarga,

Ilustrasi Juru Supir Keluarga

6).Perawat Taman,

Ilustrasi Perawat Taman

7).Pengasuh Anak,

Ilustrasi Pengasuh Anak

8).Petugas Kebersihan,

Ilustrasi Petugas Kebersihan

9). Petugas lading/perkebunan,

Ilustrasi Petugas Lading/Perkebunan

10) Awak Kapal Perikanan Migran

Ilustrasi Awak Kapal Perikanan Migran

 

Lewat ke baris perkakas